Tuesday, September 11, 2012

Soal Essay

1.Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja !

Jumlah penduduk adalah banyaknya orang yang mendiami suatu wilayah negara.penduduk suatu negara dapat dibagi dalam dua kelompok,yakni kelompok penduduk usia kerja (tenaga kerja) dan kelompok penduduk bukan usia kerja. penduduk usia kerja (tenaga kerja) adalah penduduk yang berumur 15 tahun keatas untuk negara – negara berkembang seperti Indonesia.sedangkan dinegara maju,penduduk usia kerja (tenaga kerja) adalah penduduk yang berumur antara 15 hingga 64 tahun.pada zaman Belanda,yang disebut penduduk usia kerja adalah mereka yang berumur 10 hingga 65 tahun.namun,dewasa ini usia kerja tersebut telah diubah menjadi mereka yang berumur 15 tahun keatas sejak diberlakukannya wajib belajar 9 tahun pada tahun 1995. Angkatan kerja adalah penduduk dalam usia kerja(15 tahun keatas),baik yang bekerja maupun yang tidak bekerja.kelompok ini biasa disebut sebagai kelompok usia produktif.namun,tidak semua angkatan kerja dalam suatu negara mendapat kesempatan bekerja.mereka inilah yang disebut penganggur. Penganggur adalah penduduk yang tidak bekerja,sedang mencari pekerjaan,atau sedang mempersiapkan suatu usaha baru. Kesempatan kerja adalah tersedianya lapangan kerja bagi angkatan kerja yang membutuhkan pekerjaan.kesempatan kerja di Indonesia dijamin dalam pasal 27 ayat 2 UUD 1945 yang berbunyi: “tiap- tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak”.dari bunyi pasal 27 ayat 2 UUD 1945 itu jelas bahwa pemerintah Indonesia bertanggung jawab atas penciptaan lapangan kerja.pemerintah berusaha untuk menciptakan lapangan kerja bagi setiap warga negara karena penciptaan lapangan kerja berhubungan dengan peningkatan pendapatan perkapita sekaligus pendapatan nasional.
2.Mengapa pengangguran bisa terjadi !
*Lapangan Kerja Kurang. *Kompetensi yang Kurang. *Rendahnya Pendidikan dan Keterampilan yang Dimiliki.
3.Bagaimana menurutmu cara yang paling tepat mengatasi pengangguran di Indonesia!
Menurut saya cara yang paling tepat mengatasi pengangguran di Indonesia adalah: *Ciptakan lapangan kerja. *Kurangi Pemakaian Mesin/Robot agar Kesempatan bekerja menjadi bertambah. *Harus di berikan keterampilan khusus.
4.Bagaimana menurutmu tentang system Outsoursing di Indonesia?
Sistem perekrutan tenaga kerja outsourcing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sistem perekrutan karyawan pada umumnya. Perbedaannya, karyawan ini direkrut oleh perusahaan penyedia tenaga jasa, bukan oleh perusahaan yang membutuhkan jasanya secara langsung. Nanti, oleh perusahaan penyedia tenaga jasa, karyawan akan dikirimkan ke perusahaan lain (klien) yang membutuhkannya.
5.Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia !
Keberhasilan : Pada pemerintahan orde baru cukup berhasil dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi ( rata - rata 7% pada kurun waktu awal 1990-an hingga pertengahan 1990-an, sehingga indonesia pernah dijuluki dengan "Macan Asia".Pemerintah Orde Baru berhasil membawa Indonesia berswasembada pangan (1985),Pemerintah Orde Baru juga berupaya menciptakan pemerataan persebaran penduduk melalui transmigrasi. Pemerintah Orde Baru juga berasil menekan laju inflasi dari sekitar 650% di zaman Orde Lama menjadi berada berada rata-rata dibawah dua digit hingga krisis ekonomi mulai melanda di tahin 1997. Ekspor nonmigas Indonesia juga meningkat,sehingga Indonesia tidak selalu bergantung pada ekspor minyak dan gas bumi. Kegagalan : *Indonesia masih tergantung dengan pembiayaan dan pinjaman dari lur negeri *Hasil-hasil pembangunan yang kurang merata *Bahan-bahan industri yang masih banyak di impor.
6.Perbedaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi !
Pertumbuhan Ekonomi : *Merupakan proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang. *Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan. *Tidak memperhatikan pertambahan penduduk *Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. *Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi *Setiap input dapat menghasilkan output yang lebih banyak Pembangunan ekonomi: *Merupakan proses perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan produk per kapita. *Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya. *Memperhatikan pertambahan penduduk. *Meningkatkan taraf hidup masyarakat. *Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi. *Setiap input selain menghasilkan output yang lebih banyak juga terjadi perubahan perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.
7.Sebuah kasus pembangunan berwawasan lingkungan / tidak !
Menurut saya Sebuah kasus pembangunan berwawasan lingkungan karena sebuah pabrik yang selalu mengeluarkan asap yang berbahaya bagi kehidupan bumi kita itu adalah salah satu contoh kasus pembangunan berwawasan lingkungan (ga nyambung ya Bu? wkwkwks)
8.Profil wirausahawan yang akan dikunjungi oleh kelompokmu!
Blom ada Bu hahaha

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More